Mendapatkan Visa Kerja Jerman / Blue Card

Saya pindah ke Jerman! Tepat hari ini, sudah 22 hari saya tidak menghirup polusi udara Jakarta. Saat ini saya tinggal di kota Dusseldorf, dan sudah 3 minggu saya bekerja di salah satu perusahaan teknologi disini (hint: you probably have heard of its name…). Pada artikel ini saya akan share pengalaman saya saat mendaftar dan mendapatkan visa kerja Jerman, beserta hambatan yang terjadi dan bagaimana cara saya solve masalah tsb. Siapa tau berguna untuk yang bernasib sama šŸ™‚

Pada bulan Mei, setelah melalui beberapa tes dan interview, akhirnya saya mendapatkan job offer dari perusahaan di Jerman. Setelah menandatangani kontrak, pihak perusahaan menjelaskan proses yang perlu dilaui agar saya bisa mendapatkan visa kerja yang berupa EU Blue Card. Untuk mendapatkan Blue Card ini, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi, yaitu kontrak kerja, minimum salary, education degree. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu Blue Card dan syarat2nya, silahkan dicek sendiri di tautan ini.

Menurut pihak perusahaan, saya sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan Blue Card. Oleh karena itu mereka memulai proses pengajuan agar saya mendapatkan pre-approvalĀ untuk izin kerja saya, sehingga nanti pemrosesan dokumen di kedubes bisa lebih cepat. In the meantime, saya diminta mulai booking slot appointment di kedubes untuk submit persyaratan dokumen yang diperlukan.

Slot appointment di kedutaan penuh & ijazah dipermasalahkan karena tidak ada di Anabin?!

Untuk kelanjutannya silahkan dibaca di halaman blog pribadi saya https://www.dindatc.com/mendapatkan-visa-kerja-jerman-blue-cardĀ 

—-

Karena drama tersebut, total waktu yang diperlukan untuk proses visa saya adalah sekitar 3 minggu lol. Padahal, saya rasa sebenarnya jika ijazah saya tidak dipermasalahkan, proses visa bisa selesai dalam 1 minggu saja. But any obstacles wouldn’t really matter as long as it’s a happy ending!

6 thoughts on “Mendapatkan Visa Kerja Jerman / Blue Card

  1. Hi sis, salam kenal yach…. Nama saya Jo, saya pas nemu blog ini pas lagi cari info tentang visa kerja, kebetulan saya dapat tawaran kerja di neuss, kota kecil deket Dusseldorf juga. Mau tanya donk sis, kalo proses screenshot anabin itu diprovide sama company disananya ya? soalnya saya coba cuma dapetnya either the name of the uni or the major ngak bisa lengkap dalam 1 hasil search seperti contoh yang diwebsite: UGM Sarjana Teknik.

    Oya terus, kira-kira rental fully furnished apt itu kira-kira berapaan ya per month? dan ada advice ngak barang apa ya yg harus dibawa dari Indo karena misal susah dapet or mahal di Jermannya. Thanks a lot sis! Mohon bantuannya ya….

    1. Hi Jo, salam kenal juga. Kalau dulu semua berkas saya sudah di provide oleh company, kecuali berkas asli seperti ijazah yang mesti kita tunjukkan saat datang ke kedubes. Saya juga dulu tidak bisa provide nama uni + program dalam satu result karena memang belum ada di list Anabin. Sebegai gantinya bisa provide screenshot dari BAN PT yang menunjukkan bahwa program terakreditasi A, just in case diminta bukti lebih.

      Hm harga apartemen beda-beda sih tergantung lokasi dan luas apartemen. Jarang ada yang full-furnished. Kalau Neuss sepertinya agak lebih murah dari di Dusseldorf city. Untuk perkiraannya bisa di-googling kok, ada banyak sumber.

  2. Hi, saya mau nanya. Kalau Kontak kerja harus yang asli banget ya? Bisa gak berupa scannen aslinya, kalau ada kendala pengiriman kontrak kerja asli.

    Makasih

Leave a comment